Teknik Roasting, Teknik dalam Stand Up Comedy yang bikin panas!



HAH MEMANGGANG LAWAN?

Eits, kita cari tahu dulu maksudnya apa. Kata "Roasting" berasal dari bahasa Inggris yaitu "Roast" yang artinya memanggang/membakar. 

WAH BERARTI KITA MEMANGGANG TUBUH LAWAN DONG?


Tenang, kita gak bener-bener memanggang tubuh lawan kok. Memanggang disini mempunyai maksud memanas-manasi. Kita semua tahu bahwa materi yang dibawakan oleh Stand Up Comedian selalu berisi jokes. Nah dalam teknik roasting, jokes tersebut akan digunakan untuk meledek-ledeki lawan (Maksud 'lawan' disini adalah sasaran si Stand Up Comedian; entah itu penonton, juri, ataupun Stand Up Comedian lain). Entah bagaimana jokes yang dibawa itu harus bisa bikin kesal sasaran kita, bahkan bikin semua orang yang dengar jadi menertawakan si sasaran kita ini.

Alur: Melontarkan Jokes - Semua Menertawakan Sasaran - Sasaran Panas

"Wah kalau gitu, nanti sasaran kita bisa emosi dong? emang gak bakal marah-marah nantinya?."

Sejauh ini dimanapun kontes Stand Up Comedy dilaksanakan, paling tidak selalu ada Stand Up Comedian yang menggunakan teknik roasting. Bahkan ada juga yang menjadikannya sebuah tema/babak roasting. Dan dalam pelaksanaannya, gaada tuh sasaran roasting yang marah-marah. Emang sih bikin emosi, tetapi si sasaran ini pasti juga ketawa karena jokes yang dilontarkan.

Sebenarnya juga dalam meroasting, ada aturan-aturannya juga. Kita gaboleh ambil bahan-bahan materi yang sifatnya hoax. Makanya, perlu banget tuh yang namanya menelusuri latar belakang 'sasaran' yang akan kita roasting ini. Jadi bahan-bahannya pun yaa ga mengada-ngada. Jangan sampai deh, karena embel-embel lawakan terus bisa-bisanya pakai bahan materi yang direkayasa. Jadi disitu juga merupakan tantangan tuh bagi Stand Up Comedian yang ingin meroasting seseorang, karena lo harus ngulik segala informasi tentang sasaran lo tersebut.

Banyak Stand Up Comedian yang suka pakai teknik roasting dalam pembawaan materinya, salah satunya Ridwan Remin yaitu Juara dari SUCI 7. Ini video dia meroasting Bedu dalam babak roasting.



Perlu diingat, teknik roasting bukan sembarang teknik. Bukan sembarang ngeledekin atau ngatain sasaran, seperti; Ah lo blabla, ah lo blabla, dan lain lain yang sering dipakai di acara komedi masak aer itu. Eh.

Akhir kata, terima kasih telah menyempatkan baca. Semoga bermanfaat.

Referensi


Komentar